Macam-Macam Balutan Pada Luka

1 Membalut Kepala Cara Fascia Uniens

Memakai pembalut berkepala satu . Ujung pembalut letakkan di atas kepala sebelah kiri,tujukan ke sudut dahi kiri,turunkan ke pipi melalui muka , kuping kiri, terus kebawah dagu naik lagi ke atas , kemuka kuping kana, sudut dahi kanan terus ke atas kepala , bertemu dengan jalan pembalut yang pertama . Jalnan pembalut serupa ini di ulangi beberapa kali sampai pada maksud yang di inginkan.

2.Membalut Lengan Atas ( Dalabra Currens Humeri Ascendens )

Jalan nya pembalut mula-mula diputarkan sekitar ujung lengan atas ( diatas bagian siku ) putarkan satu dua kali sampai ujung pembalut itu tetutup. Sesudah itu terus di putar kan sekitar lengan itu, terus menerus jalan nya pembalut kian naik hingga sampai ke pangkal lengan atas atau hingga sampai pada maksud yang di tuju penghabisan ujung pembalut itu di simpulkan sama . Gunakan untuk penutup, penekan luka datas luka .

3. Membalut Jari Tangan Secara Chiroteka

Jalan nya pembalutan mula-mula diletakkan ujung pembalut di punggung jari,dari sana ditunjukkan kebawah nya melalui ujung jari. Lipatkan kembali kepunggung jari yang melalui ujung jari tadi.Dengan tangan kiri pegang lipatan pembalut yang ada di bawah dan di atas jari tadi. Dari sana pembalut itu dilipat kan pula menuju kepinggir ujung jari lalu di putarkan sekitar jari itu. Mulai dari ujung jari sampai kepangkal nya lalu di simpulkan , tetapi boleh juga dari pangkal jari itu terus saja di tujukan kepergelangan tangan lalu diputar kan disana.Dari pergelangan tangan tadi boleh juga ditujukan kejari lain pada tangan itu. Dengan cara begitu jari tangan tadi dapat dibalut satu demi satu sehingga jari tangan itu dapat dibalut kelima-lima nya.

4.Membalut Paha Secara Balutan Biasa

Delabra currens femoris ascendens : jalan pembalut mulai dari ujung paha, pembalut itu dibalut kan satu dua kali, sehingga ujung pembalut pertama ditindih oleh balut yang kedua. Sesudah itu pembalut tadi dibalut kan sekitar paha terus menerus. Jalan nya pembalut itu kian lama kian menarik shg sampai kpd mksd yang dituju. Penghabisan ujung pembalut itu disimpul kan disana/ memakai plester.
Delabra cur rens femoris disendensi; jalan pembalut sama saja dengan delobra currens femoris ascendens, hanya cara peembalutnya dari paha xdan jalannya pembalut kian lama kian menurun shg sampai kepada yang dituju. Penghabisan ujung pembalut disimpulkan disana/ memakai plester.guna nya untuk penahan,penutup luka di paha.

5. Membalut Seluruh Kaki ( Involution Pedis )

Jalan pembalut pada kaki kiri, dimulai dari tengah panggung, letakkan ujung pembalut itu ditengah-ujung panggung kaki ditujukan kebawah telapak kaki mulai ujung jari. Dengan tangan kiri pembalutan itu dipegang, dengan tangan pembalut irtu ditujukan pula keatas punggung kaki jalan nya pembalut ngak miring kesebelah kanan dari pembalut pertama, dari sana ditujukan kembali kebawah telapak kaki, jalan pembalut agak miring kesebelah kiri dari pembalut yang pertama,.

Demikian dikerja kan berulang ulang -ulang jalan pembalut berganti-ganti satu kali kekanan, satu kali kekiri hing jari kaki tadi tertutup seluruh nya sesudah itu pembalut tadidibalut kan sekitar pangkal jari,kaki itu, pinggir pembalut merindih pinggir pembalut yang datang dari sebelah mukajari,kaki tadi, pembalut itu diputarkan 2-3 kali sekitar ujung kaki itu jalan pembalut kian lama kian menarikm, sesudah itu jalan pembalut dari bagian tengah betelapak kaki menuju kepinggir kaki sebelah luar,dari sana naik kepungung kaki lalu menuju ketengah tumit,dari sana berputar kebelakang terus kebawah mata kaki sebelah dalam dari sana naik lagi kepunggung kaki terus ketumit seperti tadi demikian dikerjakan seterusnya sehingga kaki itu tertutup seluruh nya. Jalan nya balutan kian lma kian naik, penghabisan ujung pebalut itu di putar pertengahan kaki lalu disimpulkan disitu gunakan untuk menutup, penahan kaki yg sakit..

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar